Mengaktifkan Verbose Status Message pada Windows 7, 8 dan 8.1

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Ada sebuah trik pada Windows yang bisa menampilkan pesan status disaat Windows melakukan Startup, Shutdown, Logon, atau Logoff. Pesan yang disebut dengan Verbose Status Message merupakan pesan dari apa yang sedang terjadi pada proses-proses tersebut.

Manfaat yang bisa diambil dari Verbose Status Message adalah untuk proses debugging atau mendiagnosa jika suatu saat Windows Anda macet saat Shutdown ataupun Startup. Dengan mengamati Verbose Status Message, kita bisa mengetahui pada bagian mana proses yang menyebabkan Windows macet. Fitur Verbose Status Message ini sudah ada sejak Windows 2000.
Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, langsung saja disimak :happy


Untuk mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu Manual dan Menggunakan Software.

Cara Manual : Menggunakan Local Group Policy Editor

  1. Buka menu Run dengan menekan tombol +R pada keyboard.
  2. Kemudian ketikan gpedit.msc lalu tekan Enter.

  3. Pada bagian panel kiri, pilihlan bagian Computer Configuration > Administrative Templates > System. Kemudian cari dan pilih Verbose vs normal status messages pada panel kiri, Double klik untuk membuka konfigurasinya. Pilih Enable untuk mengaktifkan Verbose Status Message dan klik Apply untuk mengakhirinya.
  4. Jika suatu saat Anda ingin menonaktifkannya, buka kembali konfigurasi dan pilih Not Configured atau pilih Disabled untuk meniadakan pesan.


Menggunakan Software VerboseStatus Tool



Download Link

Here

Referensi


http://windows7themes.net/en-us/what-is-windows-7-doing-when-you-log-in-log-off-enable-verbose-logging/
http://bisakomputer.com/3-cara-mengaktifkan-verbose-status-message-pada-windows-7/




Nah sekian dulu untuk tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu :wonderful. Jika ingin memberikan kritik dan saran atau bertanya silahkan tinggalkan komentar dibawah. :brave.
:foreveralone

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Iklan