Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Proxy



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Berhubungan tiap online di komputer ane tidak pernah lepas dengan proxy, jadi kali ini ane mau ngasih info tentang proxy dikit.

Pengertian Proxy

Proxy merupakan komputer server yang bertindak sebagai perantara antara komputer yang anda gunakan dengan internet. Tidak seperti VPN, proxy server tidak selalu melakukan enkripsi data yang dikirim maupun diterima komputer melalui jaringan internet.



Saat anda menggunakan proxy server, IP address yang terlihat adalah IP proxy yang dimiliki komputer perantara tersebut, bukan IP komputer yang sedang anda pakai. Banyak software proxy yang memberikan kemudahan untuk memakai IP proxy dari komputer lain.

Jenis-Jenis Proxy

Ada 2 jenis protocol yang umum digunakan oleh Proxy server:

1. HTTP Proxy Servers

Protokol HTTP digunakan untuk mengakses traffic tingkat HTTP seperti http:// atau https:// yang artinya hanya dapat untuk membuka halaman web. Untuk sekedar browsing dan surfing di internet, HTTP proxy lebih cepat bila dibandingkan Sock proxy server.

2. SOCKS Proxy Servers

Sock proxy memiliki kemampuan lebih komplit dibandingkan HTTP proxy, selain dapat digunakan untuk mengakses halaman situs web, Sock proxy server dapat membuka POP3 dan SMPT untuk email, IRC chat, FTP untuk upload file ke situs web serta torrent file.

Jenis-jenis Proxy pun bermacam-macam:
1. Transparent Proxy
Transparent proxy adalah fasilitas dimana router/proxy akan melakukan forward port.
Oke, kita ambil contoh seperti ini, hampir setiap proxy server mempunyai port sendiri yang dapat diatur oleh kita sendiri, contohnya 8080, tentunya setiap client yang terhubung ke proxy server harus melakukan konfigurasi port di mesin client itu sendiri.
Akan terasa repot jika client yang terhubung itu banyak sekali, maka dari itu, Transparent akan melakukannya secara otomatis, dimana port 80 (port standar WWW) akan di-redirect secara otomatis oleh transparent proxy tadi.


2. Anonymous Proxy
Anonymous proxy adalah sebuah proxy yang dapat menyembunyikan identitas kita sehingga dapat mencegah akses komputer kita secara ilegal. Identitas apa saja yang disembunyikan? Yang disembunyikan adalah IP address, browser yang dipakai, system operasi, serta lokasi kita.

3. High Anonymity (Elite) Proxy
Jika menggunakan High Anonymity atau Eliet Proxy maka IP kita berubah dan IP asli kita tak tampak serta tingkat keamannya lebih tinggi dari Anonymous Proxy. 

Fungsi Proxy

1. Conecting sharing
Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer kita.

2. Filtering
Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamatnya suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.

3. Caching
Artinya menyimpan proxy juga dilengkapi media penyimpanan data suatu website dari query atau permintaan akses pengguna, jadi misalkan permintaan mengkases suatu website bisa lebih cepat apabila sudah terdapat permintaan akses ke suatu website pada pengguna proxy sebelumnya.


Keuntungan Menggunakan Proxy

Beberapa Keuntungan dari Penggunaan memakai Proxy antara lain:
  1. Proxy bisa menyembunyikan identitas IP anda.
  2. Mempercepat akses ke suatu website.
  3. Dapat digunakan untuk mengakses suatu website atau IP yang diblokir oleh Penyedia ISP atau Penyedia jaringan Internet tertentu (Dengan Proxy Tertentu )
  4. Proxy dapat digunakan untuk memblokir akses ke suatu IP atau website ( Dengan Proxy tertentu )
  5. Meningkatkan Privacy atau keamanan karena proxy ini akan menfilter cookies yang tidak diinginkan dan tersimpan dalam keadaan ter- encrypsi ( Proxy Tertentu)
  6. Mengamankan komputer dari serangan DoS/DDoS
  7. Dapat membypass download limit dari situs file hosting tertentu
  8. Menghemat Badwith / Quota (buat yang make modem USB)

Sekian dulu posting soal Proxy.
semoga bermanfaat :D
Wassalam!

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Iklan