2 Hal Keren Yang Bisa Dilakukan Dengan Autorun.inf

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Apa yang pertama kali muncul dibenak agan ketika mendengar kata autorun? pasti virus pada USB Flash Drive. Yep autorun ini seringkali disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu, misalnya dalam pencurian data pribadi dan virus auto-spread. Di kesempatan kali ini ane mau bahas 2 hal keren yang bisa kita lakukan dengan menggunakan autorun. Langsung saja disimak dengan seksama :happy.


Autorun.inf adalah script yang berfungsi untuk menjalankan secara otomatis suatu program/file yang terdapat pada media penyimpanan.

Autorun.inf sangat bermanfaat ketika kita menggunakan disc installer, jadi ketika media penyimpanan tersebut dimasukkan ke komputer maka program installernya akan berjalan secara otomatis anpa kita harus membukanya secara manual (dengan double-klik)

File Autorun.inf adalah file yang digunakan untuk menjalankan file,alamat web,Program, Dll secara otomatis saat perangkat Cd/Dvd/ Flashdisk Dll ditancapkan, Dimasukkan kedalam Komputer.

File ini pada dasarnya tak berbahaya, Karena hanya digunakan untuk menjalankan file/Program secara otomatis ketika perangkat tersebut ditancapkan atau dimasukkan kedalam komputer, Nah yang membuatnya file autorun.inf berbahaya adalah cara kerjanya yang dimanfaatkan oleh para pengembang virus dan spyware dengan memasang script yang akan menjalankan file jenis virus ini saat perangkat tersebut ditancapkan atau di masukkan kedalam komputer. Wikipedia

Sebelum lanjut, buat file baru di notepad terlebih dahulu. Terus simpan di bagian awal drive dengan nama autorun.inf.

Setelah itu ketikkan salah satu dari kode seperti dibawah.

1. Merubah Label Drive

Merubah label drive dengan menggunakan autorun tidak mempengaruhi label drive yang sebenarnya pada Disk Management, tapi hanya merubahnya di Explorer saja.

[autorun]
label=LABEL BARU
berikut adalah tampilannya:


2. Merubah Icon Drive

Secara pribadi ane sering pake yang satu ini. Sebelumnya sediakan file icon .ico atau file aplikasi .exe maupun dynamic library .dll dan letakkan pada Drivenya. Dalam hal ini ane menggunakan file icon.

[autorun]
icon=NAMA FILE .ICO

apabila file yang agan gunakan adalah file bentuk file aplikasi .exe maupun dynamic library .dll yang didalamnya memiliki lebih dari 1 icon, iconnya bisa dipilih melalui index icon pada file aplikasi .exe maupun dynamic library .dll tersebut.

[autorun]
icon=NAMA FILE.EXE/DLL, INDEX
berikut adalah tampilannya:



Untuk external drive seperti HDD External / Flashdisk / CD / Macro SD, harus di Eject terlebih dahulu terus di Plug-in kembali untuk merasakan hasilnya :wonderful
Untuk HDD Internal harus restart Windows.


Sebenarnya masih ada lagi satu yaitu untuk menjalankan aplikasi tertentu pada drive. Tapi setelah dipikir-pikir gak jadi ditulis dimari. Ntar agan bisa cari sendiri (atribut open) :crazy :sarcastic


Referensi


https://msdn.microsoft.com/en-us/library/bb776823.aspx


Nah sekian dulu untuk tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu :wonderful. Jika ingin memberikan kritik dan saran atau bertanya silahkan tinggalkan komentar dibawah. :brave.
:foreveralone

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Iklan